Sports

.

Sunday, February 14, 2016

10 Film Politik Terbaik

 

VA.com, Amerika, Film - Jika anda bosan dengan film-film romantis, kisah-kisah heroik superhero amerika atau anda sudah jengah dengan film-film horror yang berselimut sex. Atau jika anda tertarik mengenai kejadian-kejadian bersejarah tetapi malas untuk menonton film-film documenter yang berbelit dan membosankan. Saya merekomendasikan 10 Film alternative yang mengusung tema politik dan conspiracy theory yang layak (mungkin wajib) untuk ditonton. Kebanyakan film ini bercerita mengenai beberapa kejadian-kejadian nyata, intrik politik, kejahatan korporasi dan kisah fiktif yang menarik.
Walaupun terkesan memiliki alur cerita yang berat tetapi saya mencoba tetap menitik beratkan pada kaca mata hiburan. Metode pengurutan film ini juga tetap menitik beratkan pada aspek hiburan. Saya tidak akan merekomendasikan film-film yang akan membuat anda bingung, atau bertanya-tanya selepas anda membaca credit title pada saat film berakhir.
Sengaja saya mereview film dengan singkat dengan harapan anda yang akan menontonnya akan mendapatkan kejutan-kejutan dan akan membangkitkan rasa ingin tahu yang lebih besar pada kejadian-kejaadian dan peristiwa yang ada pada film-film dibawah ini.
10. Frost/Nixon (2008)
Film ini mengisahkan proses wawancara David Frost dan Richard Nixon pasca skandal Watergate, konon wawancara antara Frost dan Nixon ini adalah salah satu wawancara politik paling berpengaruh didunia.
9. Wag The Dog (1997)
Pernahkan kita membayangkan jika konstalasi politik di negeri ini merupakan drama (benar-benar darama) yang memiliki sutradara, produser dan aktor-aktris dan scenario yang bisa dibuat semaunya. Film ini mengisahkan strategi presiden US dalam memenangi pemilu dan menggunakan segala cara untuk memenangkannya. Diperankan dengan apik oleh dua aktor hebat Dustin Hoffman dan Robert De Niro
8. The Ghost Writer (2010)
Film ini merupakan adaptasi dari judul novel The Ghost karya Robert Harris yang bercerita mengenai penulis bayangan yang disewa mantan perdana menteri inggris untuk menulis memoir mengenai dirinya. Dalam proses penulisan memoirnya, sang penulis menemukan fakta-fakta yang menngejutkan mengenai sang perdana menteri tersebut.
7. The Manchurian Candidate (2004)
Film The Manchurian Candidate yang dirilis tahun 2004 ini merupakan remake film yang berjudul sama tahun 1964 yang di perankan oleh Frank Sinatra. Mengapa saya lebih memilih The Manchurian Candidate yang dibuat pada tahun 2004, karena film ini lebih merepresentasikan panggung politik Amerika serikat pada saat ini. Kisah film ini bercerita mengenai seorang prajurit (Denzel Washington) yang dicuci otaknya demi kepentingan politik yang besar.
6. The Whistleblower (2010)
Film yang diangkat dari kisah nyata Kathryn Bolkovac seorang polisi dari Amerika Serikat yang ditugaskan UN untuk menjaga perdamaian di bosnia bosnia. Film yang diperankan sempurna oleh Rachel Weisz ini mengungkit skandal human trafficking yang melibatkan kekuatan besar dan juga kisah kelam pasca peperangan di bosnia yang jarang diketahui dunia.
5. The Insider (1999)
Bercerita mengenai Jeffrey Wigand (Russell Crowe ) mantan peneliti yang bekerja untuk lembaga riset tembakau di Amerika Serikat, yang mengungkapkan keburukan-keburukan perusahaan rokok di Amerika Serikat pada acara "60 Minutes". Film yang diangkat dari kisah nyata, menceritakan kekuatan media massa sebagai gerakan sosial. Film yang mendapat 7 nominasi Oscar ini juga menghadirkan Al Pacino sebagai host acara tersebut.
4. Elite Squad: The Enemy Within (2010)
Elite Squad: The Enemy Within merupakan sekuel dari film Elite Squad (2007), tapi tenang saja kedua film ini memiliki alur cerita yang berbeda.film produksi negara Brasil ini meraih 22 award dari berbagai penghargaan film didunia. Bercerita mengenai sepak terjang Lt. Colonel Nascimento dalam membasmi koruptor di Brasil.
3. Being There (1979)
Film komedi satir buatan tahun 1979 ini menceritakan tukang kebun yang secara tidak sengaja berteman dengan ekonom berpengaruh di Amerika Serikat dan menjadi penasihatnya. Dimainkan dengan kocak oleh Peter Sellers yang juga pernah menjadi James Bond (Casino Royale 1967), difilm ini ia menjadi salah satu nominator Pemeran Utama Terbaik pada Oscar tahun 1980.
2. JFK (1991)
Harus diakui jika film yang dibintangi Kevin Costner ini merupakan salah satu film semi dokumenter terbaik yang pernah ada, film ini menceritakan investigasi yang dilakukan seorang Pengacara wilayah mengenai drama pembunuhan JFK. Film ini merajai Academy Award dengan 8 nominasi dan dua diantaranya berhasil diraih untuk kategori Best Cinematography dan Best Film Editing.
1. The Constant Gardener (2005)
Banyak pertimbangan mengapa saya menempatkan The Constant Gardener sebagai film politik terbaik dalam list ini. Film ini tidak hanya melulu menceritakan politik dan kejahatan korporasi yang terorganisir, bahkan saya menganggap film yang dimainkan oleh  Ralph Fiennes dan Rachel Weisz ini merupakan salah satu film drama percintaan terbaik. Disutradarai oleh Fernando Meirelles yang juga menjadi sutradara film fenomenal City of God (2002).
Bercerita mengenai diplomat Inggris yang menginvestigasi kematian istrinya yang juga aktivis kemanusiaan. Dalam perjalanannya ia menemukan fakta mencengangkan mengenai kematian istri tercintanya dan juga fakta-fakta menyedihkan kehidupan di afrika, dan fakta ini yang menempatkan ia dalam kondisi yang membahayakan. Film yang mengantarkan Rachel Weisz sebagai pemenang Oscar dalam kategori Best Performance by an Actress in a Supporting Role tahun 2006 ini diangkat dari Novel karya John le Carré yang berjudul sama.
Selamat menikmati!
A good conspiracy is unprovable. I mean, if you can prove it, it means they screwed up somewhere along the line –Mel Gibson (Conspiracy Theory – 1997)

kompasiana

No comments:
Write comments