Sports

.

Wednesday, February 24, 2016

LUAR BIASA!!! TERNYATA SAYURAN INI MEMILIKI KANDUNGAN GIZI YANG BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN. JANGAN LUPA DI BAGIKAN YA !!

 

VA.com - Pakis yaitu tanaman berbentuk rumpun, yang biasanya tumbuh baik didaerah kering dan lembab dan di bawah lingkungan yang teduh. Saat musim seminya (sekitaran April dan Mei), pakis bakal menumbuhkan tunas daun muda yang masih tetap kuncup dengan bentuk ujung daun melengkung yang sama dengan kepala biola. Daun pakis muda yang bisa dipakai sebagai sayur biasanya sebelumnya daun itu jadi mekar.




Pakis bertangkai hijau tua yang mempunyai ukuran sekitaran 4 cm, dengan mencapai ketinggian sekitaran 10-12 cm dari permukaan tanah. Tunas ditutupi dengan sisik berwarna coklat, yang butuh dikerok dulu terlebih dulu dimasak. Daun pakis muda rasanya lembut, dengan rasa yang sama dengan asparagus, atau buncis dengan susunan yang renyah.

Sayur pakis (Diplazium esculentum), banyak dikenal dibeberapa negara sebagai sayuran, misalnya India, Nepal, hingga dibeberapa daerah di Amerika dan Kanada. Di indonesia sendiri daun pakis muda sudah lama dipakai sebagai sayuran yang cukup disenangi, karena rasa dan teksturnya yang unik dan lezat.

Faedah tunas daun Pakis untuk kesehatan

Pakis rendah kalori dan Mempunyai kandungan Omega 3

Pakis memiliki banyak kandungan nutrisi utama, namun Tunas pakis muda keriting hanya memiliki kandungan 34 kalori per 100 g. Walaupun demikian, pakis memiliki profil gizi yang bermutu tinggi, seperti terdiri dari manfaat anti-oksidan, vitamin, serta senyawa paling utama lain yaitu omega-3 dan omega-6.

Tinggi vitamin A

Daun pakis fresh demikian tinggi antioksidan vitamin A, dan karoten. 100 g pakis mempunyai kandungan 3617 IU atau 120% kepentingan harian vitamin A yang direferensikan. Vitamin A yakni anti-oksidan alami kuat dan diperlukan oleh badan membuat perlindungan integritas kulit dan membran lendir. Vitamin A juga yaitu vitamin yang demikian paling utama untuk pandangan. Studi riset perlihatkan bila makanan yang kaya vitamin A alami bakal membantu badan terlindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Memiliki kandungan senyawa flavonoid

Pakis yaitu sumber yang demikian baik dari banyak senyawa flavonoid poli-fenolik alami, seperti Alfa karoten dan Beta karoten. Karoten pada badan mengkonversi ke vitamin A.

Pakis Tinggi vitamin C

Rasa pakis yang manis dan unik datang dari tingginya vitamin C. 100 g daun pakis fresh mempunyai kandungan 26, 6 mg atau 44% dari yang diperlukan badan dalam sehari. Vitamin C vitamin larut air yang mungkin saja sebagai anti-oksidan. Berbarengan dengan senyawa flavonoid seperti karoten, Vitamin A menolong menghindar radikal bebas beresiko, dan perlindungan dari kanker, peradangan, batuk, virus flu dan demam.

Mempunyai kandungan kalium tinggi

Tunas daun pakis yaitu sumber yang demikian baik dari mineral dan elektrolit, terutama kalium, zat besi, mangan dan tembaga. 100 g tunas pakis fresh mempunyai kandungan 370 mg atau 7% dari level kalium yang dibutuhkan/hari. Kalium yaitu elektrolit yang baik untuk jantung,
yaitu yang akan membantu untuk kurangi tekanan darah dan detak jantung dengan melawan resikonya dari sodium.

Kaya sebagian jenis dari vitamin B Kompleks

Tidak cuma itu, pakis juga kaya vitamin esensial yang paling dibutuhkan oleh badan, yakni beberapa vitamin dari grup vitamin B. Beberapa dari vitamin B kompleks itu yakni seperti niacin, riboflavin, dan thiamin.

Kandungan gizi komplit tunas daun pakis (Matteuccia struthioreris) muda mentah fresh.

Nilai gizi per 100 g – Presentasi Nilai Gizi (RDA)
 (Sumber : USDA)

Daya 34 Kcal 1, 7%
Karbohidrat 5, 54 g 4%
Protein 4, 55 g 8%
Keseluruhnya Lemak 0. 40 g 2%
Cholesterol 0 mg 0%
Vitamin
Niacin 4, 980 mg 31%
Riboflavin 0. 210 mg 16%
Thiamin 0. 020 mg 1, 5%
Vitamin A 3617 IU 120, 5%
Vitamin C 26, 6 mg 44% Elektrolit
Sodium 1 mg 1%
Kalium 370 mg 8%
Mineral
Kalsium 32 mg 3%
Tembaga 0. 320 mg 35, 5%
Besi 1, 31 mg 16%
Magnesium 34 mg 8, 5%
Mangan 0. 510 mg 22%
Selenium 0, 7 mcg 1%
Zinc 0. 83 mg 7, 5%
Phyto-nutrisi
Karoten-ß 2040 ug –
Karoten-ÃŽ± 261ÃŽ¼g -
Langkah memproses, pilih serta peyimpanan Pakis

Untuk peroleh tunas Pakis, tentukan cuma yang masih tetap fresh yang ditandai dengan ciri hijau terang, tegas, melingkar erat. Jangan sampai beli pakis yang sudah mekar dan besar, karena telah jadi kayu dan keras.

Tunas atau daun pakis muda harus digunakan saat masih tetap fresh, apabila tidak simpan dalam almari es dalam keadaan terbungkus plastik, dengan setelan kelembaban yang relatif tinggi akan tetaplah fresh hingga 2-3 hari.

Terlebih dulu dimasak, kerik sisi-sisik coklat pada tunas dengan menggunakan kuas atau kain. Potong batang terutama ujungnya yang melingkar, buang segi bawah yang sudah mengeras. Bersihkan bersih semua sisi dengan air dingin. Lantas pakis direbus dengan air asin/air garam selama 1-2 menit. Tiriskan dan buang airnya. System ini bisa diulang dua sampai tiga kali untuk singkirkan rasa pahit dan lendir.

Pakis memiliki susunan yang renyah. Pakis segar umumnya bisa dimasak dengan seperti yang ditangani pada asparagus. Overcook akan buat pakis jadi lembut dan lembek. Pakis bisa pula dikukus, ditumis, digoreng, atau digabung dengan sayuran, kacang-kacangan, atau makanan laut.

Keamanan makan Pakis

Tidak semua jenis pakis yang banyak tumbuh di rimba cocok untuk konsumsi manusia. Penggunaan periode panjang makan bermacam jenis pakis liar diketahui dapat akibatkan kanker perut dan kerongkongan. Pakis jenis Pteridium aquilinum dijelaskan miliki potensi lebih tinggi menyebabkan kanker ini. Hanya pakis jenis ostrich yang bebas dari senyawa beracun penyebabnya kanker. Karena itu, optimis pakis yang bakal anda masak yakni type yang aman, dan mesti di konfirmasi oleh badan pangan atau petani yang mumpuni dengan pakis. (red)

No comments:
Write comments